Wah, tidak terasa sudah cukup lama tidak update website ini. Terakhir posting di malam perggantian Tahun di 2017. Yah, sudah 1 tahun 9 bulan tidak ada update berita, informasi di website kesayangan voucherhotel-murah.com 🙁

Memang persoalan kesehatan/pengobatan menjadi topik utama selama 2 tahun tahun ini, mulai dari pengobatan istri dengan hypertiroid dan saya sendiri yang juga harus check up beberapa kali untuk penyehatan masalah ginjal. Harap maklum karena memang tubuh ini sudah lama dipakai, jadi wajarlah apabila sang tubuh membutuhkan perhatian ekstra. Namun, Alhamdulillah seluruhnya sudah dijalani dengan ikhtar, sabar dan doa yang akhirnya Sang Pencipta memberikan buah kesembuhan.

Nah, berpengalaman dari beberapa kali perjalanan wisata medis ini saya ingin share pada kawan2 bagaimana caranya berobat mudah dan murah ke Malaka (Mahkota Medical Center), yang terkenal ramah, tepat dan akurat tersebut.

Berikut ini langkah demi langkah yang perlu disiapin :

#1. Langkah Pertama, persiapkan Rencana Perjalanan Murah dan Nyaman anda.

Yah, rencana yang baik dan matang, akan memberikan kenyamanan perjalanan bagi anda beserta pasangan. Pastikan jadwal penerbangan (booking) sudah ready.

Untuk penerbangan, kami sekeluarga menggunakan jasa penerbangan lokal airasia.com dalam perjalanan tersebut. Harga murah meriah, dari PDG-KUL sekitaran 350 rb – 600 rb rupiah saja. Malah kalo pesan sebulan sebelum keberangkatan biasanya dapat yang 300 rb-an. Murah banget!.

Selanjutnya, untuk hotel tentunya menggunakan Agoda dong! Kenapa? sebab di tingkat Asia, Layanan Agoda sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, semua Hotel Internasional di kawasan Asia sangatlah Wellcome dengan Agoda Voucher. 

Lalu, Pastikan passport anda terbawa dan jangan lupa pesan hotel dan tiket pesawat menggunakan nama yang tertera di passpor, bukan yang di KTP. Soalnya memang passpor tersebut yang akan menjadi identitas diri kita satu-satunya nanti jika di Luar Negeri.

#Langkah kedua, Lakukan perjalanan dengan Enjoy!

Penerbangan ke Malaka yang murah itu melalui Kuala Lumpur (Ibukota Negeri Jiran tersebut). Penerbangan langsung memang tersedia ke Bandara Malaka, tapi umumnya harga tiket jauh lebih mahal, mending transit via Kuala Lumpur sembari jalan-jalan menikmati view Malaysia lebih banyak.

Menuju Malaka, ada beberapa cara,

  1. Bisa menggunakan pesawat udara via Kuala Lumpur lalu nyambung dengan BUS menuju Malaka. Penerbangan ini banyak titik bisa diawali, via Padang, Jakarta, Medan, dll yang harus melewati Kuala Lumpur dulu.
  2. Bisa penerbangan langsung, tapi sepertinya hanya via Pekanbaru yang tersedia.
  3. Bisa menggunakan Kapal Ferry, kalo ini dari Dumai atau Bengkalis.

Nah, kami sekeluarga menggunakan cara 1, via Kuala Lumpur. Terminal Kedatangan pesawat di Kuala Lumpur umumnya berada di KLIA-2 (Terminal 2).

Setibanya di terminal kedatangan, anda akan dibawa berjalan beberapa blok dalam terminal menuju Antrian IMIGRASI. Pastikan anda bawa passpor yah…Gak perlu VISA, cukup Passpor saja, soalnya memang dah kesepakatan kalao negara-negara ASEAN ini dah bebas VISA!. Lalu ikutin saja antriannya. (Tips : selalu ambil antrian pada meja paling ujung, biasanya antrinya gak panjang…hehehe, lebih cepet).

Balai Ketibaan (terminal Kedatangan) KLIA2 untuk Antri Imigrasi (ramai..!)

Setelah proses Imigrasi setelah, anda bisa langsung menuju Lantai Dasar. (Eh, lupa jelasin, bahwa Terminal KLIA-2 itu ada 3 (tiga) lantai, Lantai 1, untuk ambil Taxy, BUS, Transportasi lainnya, Lalu Lantai 2, itu terminal kedatangan, ambil jalur Kereta Api Monorail, Hotels transit, Foodcourt, dan belanja-belanji. Seterusnya Lantai-3 itu buat Keberangkatan (yang akan terbang).

Ambil tiket BUS menuju Malaka Central atau Langsung ke RSU Mahkota
Tempat Naik Bus di Lantai 1 (dasar), pasikan anda menunggu di posisi Gate/Pintu yang sesuai di Tiket Bus

Jadi kalau ingin menggunakan BUS ke MALAKA, anda menuju Lantai 1 (dasar) untuk ambil Tiket BUS. Ada banyak counter tiket BUS di lantai dasar, baik menuju KL Central, Terminal Johor, Malaka Central, dll. Untuk Menuju Malaka Central tiket seharga RM 25, tapi ada pula yang langsung bertujuan ke RS Mahkota Medical Center dengan tiket seeharga RM 35 (kami sering ambil yang ini, sebab pos terakhir pemberhentian BUS-nya memang tepat berada di Depan Halaman Rumah Sakit tersebut, jadi gak repot lagi nyambung-nyambung BUS). Perjalanan dari KLIA2 menuju Malaka hanya sekitar 2 jam dengan BUS yang nyaman, jok kursi-kursi tiap bus juga bisa berfungsi memijit punggung kita, nyaman banget..! Seperti layaknya Kursi Pijit..! Cobain dech..

Posisi akhir pemberhentian BUS tepat di halaman Mahkota Medical Center, Malaka

Nah, dari RS Mahkota tersebut, anda bisa jalan kaki saja menuju Hotel-hotel disekitaran Rumah Sakit, dekat kok..! Mau Hotel apa, pokoknya disekitaran Mahkota Medical Central ada leebih dari 20 hotel, mulai bintang 1 sampe bintang 5 ada disekitaran RS tersebut. Jika anda sudah melakukan pemesanan dulu melalui AGODA, akan sangat-sangat gampang, langsung jalan menuju Hotel pesanan anda dan Check in..!

Kami, pengalaman pernah menggunakan Hotel Imperial Heritage (harga 350 ribuan), The Explorer Hotel (harga 200 rb-an) dan Hotel La Boss (harga 200 rb-an). Ketiganya tersedia di Agoda dan Wellcome banget sewaktu Check in.

Imperian Heritage Hotel, berseberangan dengan Mall Dataran Pahlawan yang merupakan Mall terbesar di Malaka, cari makan mudah karena hanya tinggal nyebrang jalan aja, ingin belanja juga dekat sekali. Menuju RS Mahkota hanya berjalan 300 meter saja.

The Explorer Hotel, bersebelahan dengan pusat kuliner malam (khasnya Malaka itu Asam Pedas Sea Foods…uuueeennnakkk!!!). Berdampingan dengan Mall Parkson, XXI, Taman Hijau Malaka, Peninggalan Wisata Kapal Tua, dan menuju RS Mahkota tinggal nyebrang menyusuri Mall jadi kagak terasa dah nyampe aja. Namun luas kamar memang agak sempit, kalo anda pernah nginap di Amaris, yah hampir-hampir segitulah.

Hotel La Boss, berjarak sama dengan Imperial sekitar 300 meter menuju Rumah Sakit, hotel sangat murah namun bersih, nyaman, kamar lebih lapang dibading The Explorer Hotel dan tidak bising. Sepanjang jalan menuju RS Mahkota juga banyak tempat makan, baik itu rumah makan padang, asam pedas, cafe-cafee kecil.

Untuk persediaan uang ringgit, gak perlu khawatir…disekitaran hotel ada Bank Affin, UOB Bank, Maybank, RHB Bank, AL Rajl Bank. Anda bisa tarik uang menggunakan ATM BCA di ATM Bank-bank tersebut. Yang keluar dari mesin AT ya ringgit, bukan rupiah ya…:-) tentunya menggunakan Kurs yang berlaku di hari tersebut. Makanya gak perlu bawa uang ringgit banyak2, cukup seperlunya aja. ATM bank lain selain BCA kami belum coba, tapi yang pasti ATM Bank Malaysia juga berlogo ATM Bersama, Cirrus, dan ALto, harusnya bank lain selain BCA juga bisa.

Untuk review masing-masing hotelnya, bersambung ke bagian-2


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.